Jumat, 08 September 2017

Ingin Ketika Anak Besar Rajin Makan Sayur? Ini Rahasianya!

Mengajar anak mencintai sayuran dan buah-buahan tidak murah bagi kebanyakan orang tua. Namun, hal itu mungkin disiasati karena bayi masih dalam kandungan dan mendapatkan ASI eksklusif.

Saat ibu mengonsumsi sayuran selama kehamilan dan menyusui, maka si bayi jadi terbiasa mencicipi cita rasa sayuran melalui susu ibunya.

Periset di Pusat Gejala Kimia Monell di Philadelphia menyimpulkan bahwa bayi yang menyusui cenderung lebih memilih sayuran dan buah-buahan di masa depan.

Saat bayi diperkenalkan ke makanan ringan pelengkap (MPASI) pada usia 6 bulan, rasa sayuran mungkin terlalu kuat untuk mereka. Namun, jika bayi mendapat ASI, rasa sayuran tidak akan terlalu mengejutkan lidah Anda.

"Setiap pengalaman sensoris bayi unik, tapi rasa pertama makanannya dari rahim bergantung pada apa yang ibunya makan," kata Julie Mennella, penulis utama dan biopsikolog.

Menurutnya, ASI merupakan cara terbaik untuk mengenalkan bayi pada sayuran dan buah sesegera mungkin. Jika sang ibu adalah pecinta sayuran, bayi juga akan tahu rasanya kesehatan melalui cairan amnion dan kemudian menyusui.

Dalam penelitian mereka terhadap 97 wanita hamil, para periset meminta mereka untuk minum jus seledri atau jus wortel, lalu melacak kebiasaan makan anak-anak mereka saat mereka mulai mendapatkan makanan padat.

Dalam penelitian tersebut, wanita dibagi menjadi lima kelompok, ketiga kelompok diminta untuk rutin mengkonsumsi setengah cangkir jus sebulan sebelum menyusui, kelompok kedua mulai meminum jus sayuran saat bayi mereka berusia 2 minggu, dan satu lagi Kelompok ketiga yang meminum jus sayuran saat bayi mereka berusia antara 6 dan 10 minggu.

Kelompok keempat, ibu yang minum jus selama tiga bulan, dimulai saat bayinya berumur dua minggu. Kelompok kelima adalah mereka yang sama sekali tidak minum jus.

Ketika bayi mereka mulai makan padatan pada usia 8 bulan, mereka diberi sereal sereal, wortel atau brokoli tanpa rasa.

Akibatnya, periset menemukan bahwa bayi yang ibunya meminum jus lebih menyukai wortel daripada sereal sereal atau rasa brokoli sederhana.

Bayi yang ibunya mulai minum jus tadi, anak mereka justru mengonsumsi lebih banyak wortel dan lebih cepat juga beradaptasi dengan rasa sayuran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar